Kewajiban Umat Islam Untuk Menuntut Ilmu

Sunday, March 27, 2011

Kewajiban Umat Islam Untuk Menuntut Ilmu



Zaman terus berkembang, permasalahan hidup yang harus dihadapi manusiapun terus berkembang. Perlu pengetahuan untuk memecahkan permasalahan hidup. Karenanya, penguasaan terhadap ilmu pengetahuan mutlak diperlukan bagi yang ingin sukses dalam hidup.
Saat wahyu Allah SWT yang pertama turun yaitu surat Al-Alaq (1-5) yang artinya ;
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam, Dia mengajarkan kepada manusia sesuatu yang tidak diketahui.”
            Sementara kita tahu bahwa membaca merupakan metode untuk menggali ilmu.
            Dalam ajaran Islam, ilmu pengetahuan memiliki kedudukan nilai yang paling tinggi. Nahkan Allah SWT menjanjikan akan meninggikan beberapa derajat orang – orang yang berilmu pengetahuan (Al – Mujadillah ; 11) yang artinya ;
“Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
Dengan ilmu manusia dapat memahami perumpamaan yang dibuat Allah SWT untuk manusia seperti yang ada dalam surat (Al – Ankabuut ; 43) yang artinya ;
“Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.”
            Selain itu dalam sabdanya Rasulullah SAW menekankan bahwa hokum menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim dan muslimah dari buaian hingga masuk liang lahat. Ilmu yang dipeoleh hendaknya tidak hanya diperoleh sendiri melainkan disampaikan juga kepada orang lain sehingga ilmu tersebut berguna bagi kemaslahatan bersama. Ilmu pengetahuan tidak terbatas pada ilmu agama saja melainkan juga ilmu pengetahuan umum, keterampilan, kewirausahaan, dan lain lain.

Adab menuntut ilmu :
1)      Niat
2)      Bersungguh – sungguh
3)      Kontinyu
4)      Sabar

KESIMPULAN
1.      Menuntut  ilmu hukumnya wajib
2.      Manfaat menuntut ilmu ;
a.      Mengilangkan kebodohan
b.      Memupus kebodohan
c.       Petunjuk beramal (orang yang beramal tanpa tahu ilmunya maka tidak akan diterima oleh Allah SWT)
d.      Semakin dekat dengan Allah SWT
e.      Mengatasi permasalahan hidup
f.        Menuntut ilmu tidak terpaku hanya ilmu agama melainkan juga ilmu pengetahuan lain yang menunjang kahidupan manusia.

0 komentar :

Post a Comment