Yoga Putra Prathama

Pidato Dengan Tema Melestarikan Budaya Indonesia

4 comments
Bapak / Ibu Guru yang saya hormati,
Dan teman teman yang berbahagia


Assalamualaikum Wr. Wb


Marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena pada hari ini kita diberi kesempatan berkumpul bersama di pagi hari yang cerah ini. 

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan sesuatu mengenai hal perlu kita jaga sebagai generasi penerus bangsa yaitu melestarikan budaya Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negeri yang terkenal dengan keanekaragamannya. Terdapat ratusan bahkan lebih suku bangsa yang ada di bumi Indonesia. Dari suku suku ini kemudian terbentuk suatu budaya yang berbeda antara satu sama lain. Budaya Indonesia memang sangat kaya namun, berapa banyak budaya yang bisa kita disebutkan dari sedemikian banyaknya budaya yang dimiliki Indonesia ? Mungkin jawaban kita hanya bisa dihitung dengan jari. Ironis memang. Tapi inilah kenyataan yang ada. Kita, penerus generasi bangsa, seakan cuek terhadap budaya kita sendiri. Kita harusnya melestarikannya. Tapi mengapa kita malah tak peduli dan mengabaikannya ?

Di era globalisasi ini budaya budaya barat sangat mudah masuk ke Indonesia. Budaya ini tumbuh dan berkembang dengan pesat di Imdonesia. Kita, selaku generasi muda, lebih menyukai akan budaya ini ketimbang budaya asli kita. Kita merasa lebih PD dan merasa lebih gaul jika meniru budaya barat. Kasus lain adalah masalah tentang pengakuan budaya kita oleh Malaysia. Tentu kita geram akan Negara tetangga yang dengan seenaknya mengklaim budaya budaya kita seperti reog ponorogo, tari pendet, batik, lagu sayange dll. Ini merupakan tamparan keras bagi kita semua, rakyat Indonesia khususnya para generasi muda. Kita tidak bisa serta merta menyalahkan Malaysia yang telah mengklaim budaya kita. Kita sebagai rakyat Indonesia juga harus sadar akan kesalahan kita. Kita harus introspeksi diri kita. Berapa banyak dari kita yang sebelumnya peduli pada budaya asli Indonesia sebelum kejadian seperti ini ? Untuk itu Marilah kita sama sama merenungkan dalam hati kita masing masing.

 
Jika memang wayang kulit salah satu budaya yang kita miliki mengapa harus malu untuk menontonnya? Jika memang batik itu juga bagian dari budaya kita, mengapa merasa malu memakainya? Sudah seharusnya, kita bangga akan budaya kita sendiri. Karena bangsa lain pun iri terhadap apa yang kita miliki.

Pedulilah terhadap budaya kita, budaya Indonesia. kita harus bangga menjadi orang Indonesia ! Bangga akan budaya Indonesia yang beragam ! Ini budayaku! Indonesiaku! Sekarang nasib bangsa Indonesia ada di tangan kita, para pemudajadi berilah yang terbaik bagi Bangsa Kita, Negara Kita, Indonesia.

Sekiranya itulah yang ingin saya sampaikan. terima kasih atas perhatian Anda, mohon maaf jika ada salah kata.

Wassalamualikum Wr. Wb

4 comments :