Membedakan Dua Lagu Yang Beraliran Rock

Sunday, March 27, 2011

Membedakan Dua Lagu Yang Beraliran Rock



TUGAS SENI BUDAYA
MEMBEDAKAN  DUA LAGU YANG BERALIRAN ROCK


A.        AVENGED SEVENFOLD (NIGHTMARE)

1.         Intro
Hanya menggunakan keyboard, dengan alunan minor atau banyak nada – nada yang berirama horror. Kemudian disambung dengan instrument lain ( Drum, Bass, dan Guitar ) dengan musik gebrakan, yang merupakan cirri music rock.

2.         Ritme
Tempo lagu ini sangat bervariasi, atau dengan kata lain ada banyak kombinasi tempo. Di awal lagu, tempo lambat atau sedang, namun ketika masuk reff tempo menjadi lebih cepat. Dan dibagian Bridge tempo menjadi santai atau lambat.

3.         Harmoni
Unsur musikal lagu ini, dibagian melodi gitar, ada perpaduan suara satu dan dua sehingga terbentuk suatu kombinasi yang harmonis antara gitar satu dengan gitar lainnya, begitu juga dengan vokalisnya yang terdapat backing vokal.

4.         Interlude
Melodi tengah lagu ini mempunyai nada sama dengan intro awal, namun instrument yang digunakan lengkap (semua main). Ada beberapa versi nada melodi tengah dalam lagu ini, dengan banyak irama – irama minor.

5.         Dinamika
Dinamika lagu  ini sangat bervariati, di awal lagu ( Intro ) irama lagu ini lembut atau slow, namun lepas dari intro lagu ini mulai menampakkan irama kerasnya (rock), namun di Bridge lagu ini kembali slow atau dengan irama sedang. Dengan dominasi irama keras, lagu ini menjadi lagu rock dengan cirri khas nada kerasnya.




B.        KOBE (POSITIVE THINKING)

1.         Intro
Tidak terdapat intro awal dalam lagu ini, melainkan vokalis langsung menyanyikan lagu serempak dengan instrument.

2.         Ritme
Di awal, lagu ini mempunyai tempo cepat. Namun di reff, tempo tidak terlalu cepat namun sangat terlihat sekali ciri khas lagu rock dengan nada – nada minor. Di reff selanjutnya lagu ini seperti lagu pop pada umumnya, namun dengan nada keras ( rock )

3.         Harmoni
Unsure artistic dalam lagu ini bila di lihat dari unsure musical, pencipta lagu lebih menekankan nada yang sedikit lebih cepat dan energic, sehingga lagu terkesan rock. Perpaduan antara gitar dengan bass sehingga terbentuk instrument yang harmonis antara keduannya.

4.         Interlude
Tidak ada melodi dalam lagu ini, melainkan hanya gesekan Chord gantung pada gitar, sehingga tidak ada instrument (keyboard atau gitar) yang menonjol membunyikan melodi khas.

5.         Dinamika
Di awal, lagu ini mempunyai irama sedang ( tidak terlalu keras ). Di reff, lagu ini mulai menunjukkan irama kerasnya ( rock ). Sebenarnya tidak terlalu keras, namun vokalis hanya menekankan suaranya menjadi lebih tinggi.




C.        PERBEDAAN DAN PERSAMAAN

1.         Intro
Di lagu Avenged intro pertama slow kemudian disambung dengan gebrakan intro selanjutnya, namun di lagu Kobe tidak terdapat intro awal, vokalis langsung bernyanyi serempak dengan musiknya.

2.         Ritme
Di dua lagu tersebut sama sama mempunyai tempo yang bervariatif, slow – cepat.

3.         Harmoni
Di lagu Avenged ada perpaduan harmonisasi suara satu dan dua dari Instrumentnya, namun di lagu kobe terjadi perpaduan Bass – Guitar ( Harmonic )

4.         Interlude
Di lagu Avenged ada beberapa macam atau jenis melodi ( Melodi tengah ) namun di lagu Kobe tidak terdapat melodi, melainkan hanya Chord gantung.

5.         Dinamika
Di lagu Avenged dinamika lagu ini sangat bervariatif ( nada keras – lembut ) namun di lagu Kobe tidak begitu banyak nada keras terkesan seperti lagu pop biasa.

0 komentar :

Post a Comment