Makalah KWN Mengenai Permasalahan Pendidikan Di Indonesia
PERMASALAHAN
PENDIDIKAN DI INDONESIA SERTA BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN KUALITAS DAN
KUANTITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA YANG RELATIF TERDIAM DIBANDINGKAN
DARI
NEGARA ASEAN LAINNYA
(Makalah Kewarganegaraan)
Oleh
:
Yoga
Putra Prathama
1115031084
JURUSAN
TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
LAMPUNG
BANDARLAMPUNG
2012
Latar Belakang
Sekarang
ini kita mengetahui bahwa tingkat kemakmuran dan kesejahteraan di negara kita
masih tertinggal atau dalam kata lain relatif rendah dibandingkan negara -
negara ASEAN lainnya. Dapat kita lihat bahwa tingkat kemiskinan di Indonesia
pada 2011 lalu, Badan Pusat Statistik mengungkapkan, jumlah orang miskin di
Indonesia adalah 30,02 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 18,97 juta
berada di perdesaan, dan 11,05 juta berada di perkotaan.
Pendidikan
adalah salah satu sektor pembangunan yang pokok, dimana pemerintah di setiap
negara harus benar-benar memperhatikan sektor ini agar seimbang bersama-sama
dengan sektor pembangunan lainnya. Sebegitu pentingnya perhatian kepada sektor
pendidikan dalam pembangunan tidak lainkarena pendidikan menyediakan sumber
daya manusia yang akan turut andildalam kelancaran pembangunan nasional pada
suatu negara. Berbagai upaya pemerintah masing-masing negara untuk
meningkatkankualitas pendidikan nasional dilakukan dengan menyisihkan sekian
porsi anggaran pemerintah untuk sektor pendidikan yang akan digunakan untuk
pengadaan dan peningkatan pembangunan infrastruktur, sarana, dan prasarana
pendidikan, program beasiswa bagi siswa berprestasi, bantuan pendidikan bagi
siswa yangkurang mampu secara ekonomi, pengadaan pelatihan-pelatihan untuk
meningkatkan keprofesionalan dan efektifitas pengajaran guru, tunjangan guru
berprestasi, dan lain-lain, dimana antara satu negara dengan negara yang lain
berbeda dalam skala prioritas. Di antara yang juga mendukung kemajuan
pendidikan di suatu negaraadalah sistem pendidikan yang diterapkan. Untuk itu
beberapa negara terusmelakukan riset terhadap sistem pendidikan mereka dengan
membandingkan sistem pendidikan negara lain. Dan sistem pendidikan yang ideal
adalah sistemyang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anak untuk
mencapaistrata pendidikan yang sama sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Menurut
Mohammad Ali (2009: 58) dalam buku “Pendidikan untuk Pembangunan Nasional”
dijelaskan bahwa “pendidikan merupakan
sektor yang paling strategis dalam pembangunan nasional”, oleh karena itu
aspek yang penting untuk diperhatikan untuk memberdayakan manusia menuju
pembangunan adalah pendidikan karena dengan pendidikan kita tidak hanya
mempunyai bekal pengetahuan tetapi juga memiliki kemampuan untuk berpartisipasi
aktif dalam setiap kegiatan pembangunan masyarakat.
Dengan
adanya pendidikan, masyarakat bisa berpikir kreatif dan mampu mengikuti
perubahan seperti penggunaan inovasi baru, penerapan teknologi, dan pola pikir
yang brorientasi pada pembangunan. Masyarakat yang tidak mampu berubah untuk
mengikuti perkembangan zaman akan semakin tertinggal. Dalam keadaan seperti ini,
struktur ekonomi masyarakat pedesaan akan tetap berada dalam ambang kemiskinan.
Oleh karena itu, peran pindidikan di Indonesia sangatlah guna kemajuan bangsa
serta dapat memberdayakan masyarakat dari kemiskinan, baik kemiskinan
pendidikan maupun kemiskinan ekonomi. Berikut ini kami akan paparkan sebuah
perbandingan sistem pendidikan disebagian negara-negara kawasan ASEAN,
Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand dan Filipina.
Download full via 4shared click
0 komentar :
Post a Comment