Makalah KWN Mengenai Permasalahan Pendidikan Di Indonesia

Tuesday, June 19, 2012

Makalah KWN Mengenai Permasalahan Pendidikan Di Indonesia


PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI INDONESIA SERTA BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA YANG RELATIF TERDIAM DIBANDINGKAN
DARI NEGARA ASEAN LAINNYA

(Makalah Kewarganegaraan)


Oleh :
Yoga Putra Prathama
1115031084


JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDARLAMPUNG
2012



Latar Belakang
Sekarang ini kita mengetahui bahwa tingkat kemakmuran dan kesejahteraan di negara kita masih tertinggal atau dalam kata lain relatif rendah dibandingkan negara - negara ASEAN lainnya. Dapat kita lihat bahwa tingkat kemiskinan di Indonesia pada 2011 lalu, Badan Pusat Statistik mengungkapkan, jumlah orang miskin di Indonesia adalah 30,02 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 18,97 juta berada di perdesaan, dan 11,05 juta berada di perkotaan.

Pendidikan adalah salah satu sektor pembangunan yang pokok, dimana pemerintah di setiap negara harus benar-benar memperhatikan sektor ini agar seimbang bersama-sama dengan sektor pembangunan lainnya. Sebegitu pentingnya perhatian kepada sektor pendidikan dalam pembangunan tidak lainkarena pendidikan menyediakan sumber daya manusia yang akan turut andildalam kelancaran pembangunan nasional pada suatu negara. Berbagai upaya pemerintah masing-masing negara untuk meningkatkankualitas pendidikan nasional dilakukan dengan menyisihkan sekian porsi anggaran pemerintah untuk sektor pendidikan yang akan digunakan untuk pengadaan dan peningkatan pembangunan infrastruktur, sarana, dan prasarana pendidikan, program beasiswa bagi siswa berprestasi, bantuan pendidikan bagi siswa yangkurang mampu secara ekonomi, pengadaan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keprofesionalan dan efektifitas pengajaran guru, tunjangan guru berprestasi, dan lain-lain, dimana antara satu negara dengan negara yang lain berbeda dalam skala prioritas. Di antara yang juga mendukung kemajuan pendidikan di suatu negaraadalah sistem pendidikan yang diterapkan. Untuk itu beberapa negara terusmelakukan riset terhadap sistem pendidikan mereka dengan membandingkan sistem pendidikan negara lain. Dan sistem pendidikan yang ideal adalah sistemyang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anak untuk mencapaistrata pendidikan yang sama sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Menurut Mohammad Ali (2009: 58) dalam buku “Pendidikan untuk Pembangunan Nasional” dijelaskan bahwa “pendidikan merupakan sektor yang paling strategis dalam pembangunan nasional”, oleh karena itu aspek yang penting untuk diperhatikan untuk memberdayakan manusia menuju pembangunan adalah pendidikan karena dengan pendidikan kita tidak hanya mempunyai bekal pengetahuan tetapi juga memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan pembangunan masyarakat.

Dengan adanya pendidikan, masyarakat bisa berpikir kreatif dan mampu mengikuti perubahan seperti penggunaan inovasi baru, penerapan teknologi, dan pola pikir yang brorientasi pada pembangunan. Masyarakat yang tidak mampu berubah untuk mengikuti perkembangan zaman akan semakin tertinggal. Dalam keadaan seperti ini, struktur ekonomi masyarakat pedesaan akan tetap berada dalam ambang kemiskinan. Oleh karena itu, peran pindidikan di Indonesia sangatlah guna kemajuan bangsa serta dapat memberdayakan masyarakat dari kemiskinan, baik kemiskinan pendidikan maupun kemiskinan ekonomi. Berikut ini kami akan paparkan sebuah perbandingan sistem pendidikan disebagian negara-negara kawasan ASEAN, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand dan Filipina.

Download full via 4shared click

0 komentar :

Post a Comment