Soal UTS Mata Kuliah Probabilitas dan Statistika JTE

Tuesday, June 5, 2012

Soal UTS Mata Kuliah Probabilitas dan Statistika JTE


1. Sebuah firma enjiniring dihadapkan dengan tugas menyiapkan sebuah proposal untuk suatu kontrak penelitian. Biaya penyiapan proposal adalah 5 juta rupiah dan probabilitas untung kotor 0 rupiah adalah 0.1, untung kotor 5 juta rupiah adalah 0.2, untung kotor 10 juta rupiah adalah 0.5, dan untung kotor 15 juta rupiah adalah 0.2, jika proposal mereka diterima. Jika probabilitas proposalnya diterima adalah 0.3, berapakah untung bersih yang dapat diharapkan?

2. Ada tiga mangkuk berisi kelereng dua warna seperti pada gambar. Seseorang dengan mata tertutup kemudian memindahkan satu kelereng dari mangkuk pertama ke mangkuk kedua, dan dari mangkuk kedua ke mangkuk ketiga lalu mengambil satu kelereng dari mangkuk ketiga secara acak. Kelereng warna apakah yang paling mungkin terambil dari mangkuk ketiga? Hitung probabilitasnya?

3. Sebuah dadu dilempar sebanyak 3 kali (n = 3). Berapakah probabilitasnya munculnya angka lima paling banyak satu kali dari tiga kali percobaan. Catatan, probabilitas munculnya angka lima adalah  1/6 pada setiap percobaan?





 

0 komentar :

Post a Comment