(Makalah KWN) Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Wilayah Pedesaan Indonesia
1.1. Latar Belakang
Sekarang
ini kita mengetahui bahwa tingkat kemakmuran dan kesejahteraan di negara kita
masih tertinggal atau dalam kata lain relatif rendah dibandingkan negara -
negara ASEAN lainnya. Dapat kita lihat bahwa tingkat kemiskinan di Indonesia pada
2011 lalu, Badan Pusat Statistik mengungkapkan, jumlah orang miskin di
Indonesia adalah 30,02 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 18,97 juta
berada di perdesaan, dan 11,05 juta berada di perkotaan.
Menurut
Mohammad Ali (2009: 58) dalam buku “Pendidikan untuk Pembangunan Nasional”
dijelaskan bahwa “pendidikan merupakan
sektor yang paling strategis dalam pembangunan nasional”, oleh karena itu
aspek yang penting untuk diperhatikan untuk memberdayakan manusia menuju
pembangunan adalah pendidikan karena dengan pendidikan kita tidak hanya
mempunyai bekal pengetahuan tetapi juga memiliki kemampuan untuk berpartisipasi
aktif dalam setiap kegiatan pembangunan masyarakat.
Dengan
adanya pendidikan, masyarakat bisa berpikir kreatif dan mampu mengikuti
perubahan seperti penggunaan inovasi baru, penerapan teknologi, dan pola pikir
yang brorientasi pada pembangunan. Masyarakat yang tidak mampu berubah untuk
mengikuti perkembangan zaman akan semakin tertinggal. Dalam keadaan seperti
ini, struktur ekonomi masyarakat pedesaan akan tetap berada dalam ambang
kemiskinan. Oleh karena itu, peran pindidikan di Indonesia
sangatlah
guna kemajuan bangsa serta dapat memberdayakan masyarakat dari kemiskinan, baik
kemiskinan pendidikan maupun kemiskinan ekonomi.
Name : Yoga Putra Prathama
NPM : 1115031084
Klik di sini untuk mendownload file makalah lengkap.
0 komentar :
Post a Comment