(Makalah KWN) Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Wilayah Pedesaan Indonesia

Wednesday, May 30, 2012

(Makalah KWN) Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Wilayah Pedesaan Indonesia



 1.1.  Latar Belakang
Sekarang ini kita mengetahui bahwa tingkat kemakmuran dan kesejahteraan di negara kita masih tertinggal atau dalam kata lain relatif rendah dibandingkan negara - negara ASEAN lainnya. Dapat kita lihat bahwa tingkat kemiskinan di Indonesia pada 2011 lalu, Badan Pusat Statistik mengungkapkan, jumlah orang miskin di Indonesia adalah 30,02 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 18,97 juta berada di perdesaan, dan 11,05 juta berada di perkotaan.

Menurut Mohammad Ali (2009: 58) dalam buku “Pendidikan untuk Pembangunan Nasional” dijelaskan bahwa “pendidikan merupakan sektor yang paling strategis dalam pembangunan nasional”, oleh karena itu aspek yang penting untuk diperhatikan untuk memberdayakan manusia menuju pembangunan adalah pendidikan karena dengan pendidikan kita tidak hanya mempunyai bekal pengetahuan tetapi juga memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan pembangunan masyarakat.

Dengan adanya pendidikan, masyarakat bisa berpikir kreatif dan mampu mengikuti perubahan seperti penggunaan inovasi baru, penerapan teknologi, dan pola pikir yang brorientasi pada pembangunan. Masyarakat yang tidak mampu berubah untuk mengikuti perkembangan zaman akan semakin tertinggal. Dalam keadaan seperti ini, struktur ekonomi masyarakat pedesaan akan tetap berada dalam ambang kemiskinan. Oleh karena itu, peran pindidikan di Indonesia

sangatlah guna kemajuan bangsa serta dapat memberdayakan masyarakat dari kemiskinan, baik kemiskinan pendidikan maupun kemiskinan ekonomi.

 Name  : Yoga Putra Prathama
 NPM   : 1115031084

Klik di sini untuk mendownload file makalah lengkap.

0 komentar :

Post a Comment