UJIAN AKHIR SEMESTER BAHASA INDONESIA JTE FT UNILA, TAHUN AKADEMIK 2010 /2012

Saturday, January 21, 2012

UJIAN AKHIR SEMESTER BAHASA INDONESIA JTE FT UNILA, TAHUN AKADEMIK 2010 /2012



UJIAN AKHIR SEMESTER BAHASA INDONESIA
JTE FT UNILA, TAHUN AKADEMIK 2010 /2012



SOAL / TUGAS SATU        : Anda diminta berkelompok 5-6 mahasiswa. Selanjutnya buatlah proposal Program Kreativitas Mahasiswa sebagai take home examination. Dikumpulkan maksimal satu minggu setelah tanggal UAS Bahasa Indonesia diselenggarakan di TU JTE.

Tema: Bahasa Indonesia dan Peningkatan Penggunaan Bahasa Ilmiah. Judul terserah kesepakatan anggota kelompok anda masing-masing. Khusus: libatkan semua institusi berikut

Pusat Bahasa Indonesia

Balai Bahasa Provinsi Lampung

UPT Balai Bahasa Unila

Pakailah panduan pembuatan proposal PKM dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
.
SOAL / TUGAS DUA          : Apa yang dimaksud penekanan ide pokok pada kalimat efektif itu? Hemat penggunaan kata dalam kalimat efektif itu maksudnya apa? Sebutkan dan jelaskan sebanyak empat macam! Berikan contohnya setiap macam dua kalimat yang ada di proposal anda!

SOAL / TUGAS TIGA        : Sebutkan dan jelaskan delapan ciri kalimat efektif dalam Bahasa Indonesia!

Selamat mengerjakan
Dosen: Raden Arum Setia Priadi, S.Si., M.T.

SOAL / TUGAS EMPAT

Dikerjakan oleh masing-masing anggota tiap kelompok secara unik. Jadi anggota nomor 1 mendapat tugas unik, beda dengan anggota nomor2, dst.

Anggota nomor 1      : Periksalah latar belakang masalah. Tulislah di LJU anda, kalimat topik yang merupakan ringkasan latar belakang tersebut.

Anggota nomor 2      : Periksalah rumusan masalah. Tulislah di LJU anda, istilah /unsur serapan yang digunakan untuk merumuskan masalah tersebut.

Anggota nomor 3      : Periksalah tujuan dalam proposal. Tulislah di LJU anda, bagaimana cara mengukur tujuan tersebut? Ungkapkan maksimal dalam satu paragraf.

Anggota nomor 4      : Periksalah apakah bentuk luaran yang dihasilkan proposal anda? Tulis di LJU anda!

Anggota nomor 5      : Periksalah kegunaan yang diharapkan bermanfaat jika PKM anda selesai dilakukan. Tulislah di LJU manfaat dari sisi ekonomi. Prediksilah berapa keuntungannya!
Anggota nomor 6      : Periksalah keseluruhan naskah proposal anda, buatlah daftar yang memuat kata abstrak dan kata konkret. Wujudkan dalam bentuk tabel kata dan posisinya di naskah proposal.

Selamat mengerjakan
Dosen: Raden Arum Setia Priadi, S.Si., M.T.

0 komentar :

Post a Comment